Senin, 04 Februari 2013

Pembalap Jepang Juara Etape 1 - #TDS 2012



SAWAHLUNTO, HALUAN Berita Terbaru : Selain tampil sebagai pemenang pada etape pertama kelas individu Tour de Sing­karak 2012, Masakazu Ito, pembalap sepeda asal Jepang juga menyapu Green Jersey dan Yellow Jersey, untuk pembalap tercepat dan poin terbanyak, pada etape yang menempuh rute Sawahlunto menuju Sijunjung dan kembali ke ‘Kota Arang’ itu.

Masakazu Ito hanya kecolongan di kelas tanjakan Polka-Dot Jersey, yang diraih Chun Kai Feng, pembalap asal Taiwan. Untuk tanjakan Ito harus puas di posisi kedua, dengan meraih 3 poin.

Etape I tersebut dimulai atau start di Lapangan Segitiga Sawahlunto yang pengibaran bendera start dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparkraf) Mari Elka Pangestu. Sedangkan finish juga di tempat yang sama setelah pembalap menempuh jarak  77,6 km dengan rute Sawahlunto–Sijunjung–Sawahlunto.

Waktu tempuh yang diperlukan Masakazu Ito 1 jam: 51 menit: 17 detik (1:51:17). Selain berhak menggunakan Yellow Jersey, Masakazu Ito sekaligus menyabet Green Jersey karena mem­peroleh 15 point dalam etape pemanasan tersebut.

Posisi kedua pembalap asal Australia Jay Crawford (Genesys Wealth Prof­fesional Cycling Team) dengan waktu tempuh 1:51:19. Posisi ketiga pebalap asal China Taipe Chun Kai Feng (Action Cycling Team) dengan waktu tem­puh 1:51:25, disusul pada posisi keempat oleh Mohd Zamri Salleh (Teregganu Cycling Team Malaysia) dengan catatan waktu 1:51:27.

Urutan kelima ditempati oleh pembalap Herwin Jaya dari Polygon Sweet Nice Indonesia dengan waktu tempuh yang sama dengan Moham­mad Zamri Salleh yakni 1:51:27. Herwin harus berada di bawah Mohammad karena kalah dalam pengumpulan point (6:7).

Meski menduduki peringkat kelima stage individual classification, Herwin Jaya merupakan pebalap terbaik untuk Best Indonesian Rider dan berhak menggunakan Red and White Jersey, disusul tempat kedua dan ketiga masing-masing Dadi Suradi dari Pemuda Perjuangan Bandung dan Warseno dari WSP Management Jogja.

Untuk juara sprint adalah pembalap Aisan Racing Team, Kenichi Suzuki dan disusul Shirisi­san Hamid dari Uzbekistan Suren Team dan Yasuharu Nakajima yang juga dari Aisan Racing Team. Sedangkan juara tanjakan adalah pembalap Action Racing Team, Chun Kai Feng, disusul Masakazu Ito dari Aisan, Jai Crawford dari Genesys dan Alexander Clements dari Australia.

Untuk klasifikasi beregu, keluar sebagai juara adalah Australian National Team, tempat kedua Genesys Wealth Adviser dari Australia dan ketiga Aisan Racing Team Jepang.

Untuk etape kedua hari ini dimulai atau star di Muaro Sijun­jung dan finish di Harau Kabupaten 50 Kota dengan jarak tempuh 124,5 km. Pada etape kedua, pembalap selain memperebutkan juara etape, juga dua hadiah untuk sprint yaitu berlokasi di Lintau Buo dan Paya­kumbuh. Kemudian juga satu hadiah untuk tanjakan di Tabek Agiang.

TdS Terbaik Ketiga di Dunia
Menteri Pariwisata dan Eko­nomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, dalam pelepasan etape pertama di Lapangan Segitiga Sawahlunto, Senin (4/6), menyatakan, Tour de Singkarak merupakan event yang sangat menarik, dan memberikan promosi yang sangat besar dalam perkembangan pariwisata, khu­susnya untuk Sumatera Barat.

“Meskipun terjadi ketidak­pastian dan lambatnya pertum­buhan perekonomian dunia, namun pariwisata Indonesia tetap bisa bertahan dan mengalami kenaikan beberapa persen,” ujar Mari yang sengaja datang melepas peserta TdS 2012 di Sawahlunto.

Tour de Singkarak memiliki jumlah penonton di posisi ketiga, dalam berbagai iven balapan internasional. Tour de France menempati posisi pertama, dengan jumlah penonton jutaan pasang mata. Posisi kedua diduduki Cina dan disusul Tour de Singkarak.

TdS mampu melampaui Tour de Langkawi, yang telah dilak­sanakan sejak 17 tahun terakhir. “Alhamdulillah, berkat promosi dan dukungan media dari daerah, nasional hingga internasional, mampu mengantarkan TdS di posisi yang lebih baik dalam setiap tahunnya,” ujar Mari yang didam­pingi Wakilnya Sapta Nirwandar.

Walikota Sawahlunto, Amran Nur menyatakan TdS memberikan pengaruh yang besar, untuk perkem­bangan dan pertumbuhan pariwi­sata Sawahlunto.

Sementara itu, Ketua DPRD Sawahlunto, Ali Yusuf mengatakan dewan akan terus mendukung pelaksanaan TdS, guna terus meningkatkan promosi pariwisata Sawahlunto, di mata dunia.

Resmikan Sky Lift
Usai membuka TdS 2012, dan menyerahkan hadiah terhadap pemenang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Penges­tu juga meresmikan pembangunan kereta gantung sky lift, di kawasan Kampung Teleng Sawahlunto.

Dalam rencana, menurut Wali­kota Sawahlunto, Amran Nur yang didampingi wakilnya Erizal Ridwan, objek wisata pertama di Sumatera itu akan dibangun Agustus 2012 tahun ini, dan rampung April 2013.
Sky lift yang akan dibangun tersebut, akan melintasi pusat Kota Sawahlunto, dengan berdiri dari Kampung Teleng menuju Puncak Cemara. Tak berselang lama, Mari Elka Pengestu juga tidak menyia-nyiakan waktu, dengan berkunjung langsung ke Kampung Tenun Silungkang.

Mari juga melihat perkem­bangan motif songket dan tenun Silungkang, serta pemanfaatkan songket Silungkang menjadi berba­gai produk lain, mulai dari tas, selendang, hingga baju harian.

Dimeriahkan Reog Pononorogo
Dari Sijunjung dilaporkan, saat pelepasan etape II Tour de Singkarak (TdS), Selasa (5/6)  hari ini, akan dihibur dengan seni tradisi akul­turasi reog ponorogo. Start etape II ini dilakukan di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung, Muaro Sijunjung.

“Reog ponorogo sengaja kita tampilkan pagi sebelum pelepasan TdS untuk membuktikan kepada dunia, bahwa reog itu adalah kesenian budaya asal negera kita. Momen ini sangat tepat, karena besok (hari ini, red) pembalap sepeda dari man­canegara  yang mengikuti TdS 2012 akan dilepas di depan kantor DPRD ini,” jelas Ketua DPRD Sijunjung Mukhlis R. (h/dil/sam/nop)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar